Judul | Pendidikan Islam yang Menghidupkan : Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman / Sutrisno ; desain cover dan isi, Mansuya |
Pengarang | Sutrisno Mansuya |
EDISI | Cet. 2 |
Penerbitan | Yogyakarta : Kata Kembang, 2008 |
Deskripsi Fisik | vi, 136 hal. |
Subjek | Pendidikan Islam Kualitas Lulusan |
Abstrak | Salah satu contoh konkrit usulan Rahman terkait dengan masalah pendidikan ialah solusi terhadap masalah akut dualisme sistem pendidikan umat Islam. Untuk mengatasi masalah dualisme sistem pendidikan umat Islam (pendidikan tradisional pada satu sisi dan pendidikan sekuler modern pada sisi lain) Rahman mengusulkan dengan cara menerima sistem pendidikan sekuler modern kemudian memahami atau memasuki dengan jiwa atau ruh Islam. Cara ini secara konseptual sangat bagus, tetapi hasilnya belum sebagaimana yang diharapkan. Pengalaman di Indonesia menunjukkan pendidikan tradisional (model pesantren) pada satu sisi, dan pendidikan sekuler modern (model sekolah) pada sisi lain, kemudian digabung menjadi satu dalam bentuk madrasah, ternyata hasilnya belum memuaskan. Untuk mata pelajaran agama Islam belum bisa mengalahkan pesantren dan untuk mata pelajaran umum belum bisa mengalahkan sekolah, kecuali beberapa madrasah. (Penulis) |
Bahasa | Indonesia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Kelompok khusus |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000000298 | ||
005 | 20220114074753 | ||
007 | ta | ||
008 | 220114################f##########0#ind## | ||
035 | # | # | $a 0010-0122000008 |
100 | 0 | # | $a Sutrisno |
245 | 1 | # | $a Pendidikan Islam yang Menghidupkan : $b Studi Kritis Terhadap Pemikiran Pendidikan Fazlur Rahman /$c Sutrisno ; desain cover dan isi, Mansuya |
250 | # | # | $a Cet. 2 |
260 | # | # | $a Yogyakarta :$b Kata Kembang,$c 2008 |
300 | # | # | $a vi, 136 hal. |
520 | # | # | $a Salah satu contoh konkrit usulan Rahman terkait dengan masalah pendidikan ialah solusi terhadap masalah akut dualisme sistem pendidikan umat Islam. Untuk mengatasi masalah dualisme sistem pendidikan umat Islam (pendidikan tradisional pada satu sisi dan pendidikan sekuler modern pada sisi lain) Rahman mengusulkan dengan cara menerima sistem pendidikan sekuler modern kemudian memahami atau memasuki dengan jiwa atau ruh Islam. Cara ini secara konseptual sangat bagus, tetapi hasilnya belum sebagaimana yang diharapkan. Pengalaman di Indonesia menunjukkan pendidikan tradisional (model pesantren) pada satu sisi, dan pendidikan sekuler modern (model sekolah) pada sisi lain, kemudian digabung menjadi satu dalam bentuk madrasah, ternyata hasilnya belum memuaskan. Untuk mata pelajaran agama Islam belum bisa mengalahkan pesantren dan untuk mata pelajaran umum belum bisa mengalahkan sekolah, kecuali beberapa madrasah. (Penulis) |
650 | # | 4 | $a Kualitas Lulusan |
650 | # | 4 | $a Pendidikan Islam |
700 | 0 | # | $a Mansuya |
No | Nama File | Nama File Format Flash | Format File | Action |
1 | Repository UIN Suka Yogyakarta - Pendidikan Islam - Sutrisno - Kata Kembang (2008).pdf | Repository UIN Suka Yogyakarta - Pendidikan Islam - Sutrisno - Kata Kembang (2008) | Baca Online |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :